Rabu, 17 Desember 2008

Martabak dan Sup krim jagung...

Masak...sebenarnya salah satu hobby ku...tapi jadi males masak kalo, fathin selalu 'bantuin' di dapur...ga nyaman masak kalo farras rewel...ga pengen masak kalo suami makan nya dikit banget...nti ujung2 nya aku yang habisin, mubazir kan, tapiii akibatnya aku tambah ndut...
senin-jum'at...kita katering makan nya...wik en, biasa nya aku masak..wik en minggu kemarin, pengen banget masak...kebetulan ada daging sapi (jatah suami, jadi panitia di kantor)..pengen ah bikin martabak, resep nya gampang banget...soalnya kan pengen nya praktis, jadi ga lama-lama di dapur...oia, belanja nya di tk sayur keliling ya...murah meriah

Martabak
bahan yang dibutuhkan:
kulit lumpia, beli jadi (1500 sebungkus isi 10, aku beli 2)
bawang bombay 1/2  (aku beli 1 = seribu)
daun bawang 2 tangkai (minta tk sayur)
bumbu kare/gulai instan (sebungkus seribu)
telur 3 butir
daging (kira-kira 1,5 ons..) dicincang kecil2
cara membuat:
cuci bawang bombay dan daun bawang, kemudian iris tipis-tipis...masukkan ke mangkok bersama daging (sebelumnya sudah ditumis dulu dengan bumbu kare/gulai nya), dan telur...kocok rata, kemudian bikin adonan di atas kulit lumpia, satu persatu...siapkan penggorengan, tambahkan m.goreng...setelah panas, masuk kan satu-persatu..tunggu sampe kecoklatan, jangan lupa bolak-balik biar mateng isinya...angkat, tiriskan minyak nya...monggo, martabak sudah jadi...

sup krim jagung

makanan ini, sebenarnya asing bagi kita...pertama makan di kondangan temen kantor suami yang kebetulan lagi khitanan anaknya, sup nya plus roti dimakan nya anget2 uenakkk tenan
kemudian pas melahirkan farras, setelah 10 jam operasi sectio, dikasih sup jagung...uenakk saja pokoke soalnya laperrr...
sudah lama pengen bikin sendiri, sekarang keinginan itu tak bisa dibendung
bahan:
ayam 3 potong kecil (aku belinya 1/2 ekor minta dipotong kecil2)
jagung ukuran sedang  1 (hargane seribu)
wortel 1 (bonus dari tk sayur)
1 sachet susu kental manis putih
3 sdm margarin
2 sdm tepung terigu

bumbu:
bawang bombay  1/2   cincang halus
bawang putih 3 butir   cincang halus
1 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1/8 sdt pala bubuk

cara membuat:
rebus ayam dalam 1 liter air, ambil 700 ml untuk kaldu, ambil dagingnya potong-potong dadu ...sisir jagung, blender kasar...
siapkan wajan/panci...masukkan 3 sdm margarin, setelah meleleh masukkan bawang bombay aduk-aduk, tambahkan bawang putih aduk-aduk lagi sampe harum...setelah harum masukkan 2 sdm tepung terigu, aduk-aduk sampe seperti adonan terus tambahkan air kaldu, ayam, wortel, jagung, dan susu...jangan lupa bumbunya garam, merica dan pala...aduk-aduk lagi sampe mendidih...setelah mendidih...sippp dech
sup nya siap dimakan...rasanya uenakkk
kata suami, ga kalah sama bikinan istrinya teman kantor suami...

23 komentar:

  1. susu kental manis bisa diganti apa yah..mm pengen utk anakku yg masih dibawah setaun nih...thanks resepnya yah mbak

    BalasHapus
  2. kalo saya baca di resep2...bisa diganti susu cair 100 ml mbak...silahkan dicoba ya...

    BalasHapus
  3. resep martabak nya boleh juga tuh ummi. Mau copas ya?
    jadi lapeer

    BalasHapus
  4. ummiiiii... ngileeeer bgt d liat sup krim nyaaaa... maaaauuu dooong.. ^__^

    BalasHapus
  5. boleh mb dayang...
    saya memang bikinnya lumayan banyak

    BalasHapus
  6. "Jazakillah resepnya ya ummi.....maknyus deh...." ^_^

    BalasHapus
  7. Resep-nya saya contek ya, ummi :)

    BalasHapus
  8. pingin deh nyicipin masakannya Bu Sofie,
    pasti uenakqck

    BalasHapus
  9. mangga bu...nti di bagi ke saya ya kalo sudah jadi...^_^

    BalasHapus
  10. hehehe...
    ayo bu rani...maen ya nti dimasakin

    BalasHapus
  11. wah Mi..sama kaya aku..kalo di dapur suka ngerasa gak tenang n gak enak hati karena suka diinterupsi Darren yang masih nenen n suka nglendot ama bundanya..
    Ada aja pokoknya yg bikin masaknya cuman setengah jalan n musti diterusin ama budenya hik..

    Btw aku juga suka sup krim jagung lho Mi..martabak juga hehe (sama doong!)
    Bisa tuh dicoba resep supnya..ehm..

    BalasHapus
  12. wah Mi..sama kaya aku..kalo di dapur suka ngerasa gak tenang n gak enak hati karena suka diinterupsi Darren yang masih nenen n suka nglendot ama bundanya..
    Ada aja pokoknya yg bikin masaknya cuman setengah jalan n musti diterusin ama budenya hik..

    Btw aku juga suka sup krim jagung lho Mi..martabak juga hehe (sama doong!)
    Bisa tuh dicoba resep supnya..ehm..

    BalasHapus
  13. monggo mb nani...
    nti kalo sdh mastang bagi2 ya..^_^

    BalasHapus
  14. iiiiiih pengen resep nya yang sup krim jagung ya mmiiieee
    aquw ambil yaa.. aq syeneng banggget samma yang atu nni..
    termasuk salah satu makanan kesukaan, kalo lg di luar..
    he2
    arrigatto ^-^

    BalasHapus
  15. silahkan mb...monggo
    nanti tambahkan saja 1 buah jagung disisir/di pipil...masukkan bereng ayam+wortel..
    biar jagung nya banyak...^_^

    BalasHapus
  16. yummy.......ditunggu undangan icip2nya...hehehe

    BalasHapus
  17. nyam nyam nyam..ummi aku mo nyoba martabaknya ...kyaknya gampang n enak...

    BalasHapus
  18. monggo mb nunk....kalo sdh jadi bagi-bagi ya...^_^

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...