Minggu, 21 Juli 2013

Ramadhan Full Ibadah, dengan Pilihan Belanja Onlen di Lazada.co.id

"Ramadhan datang alam pun riang 
menyambut bulan yang berkah 
umat berdendang kumandang azan
 pertanda hati yang senang 
......................................................"
(Ramadhan Datang  -  Tompi )



Alhamdulillah, bulan ramadhan tahun ini saya masih di beri nikmat umurNya untuk menikmati ibadah yang berlipat pahala dan berkah ini. Begitu istimewa nya bulan ramadhan, sampai di tunggu-tunggu kaum muslim sedunia.

Bulan istimewa tentu nya harus di sambut dengan suka cita, begitulah lazim nya.
Apabila kita melihat tayangan di tipi, entertainer yang biasa nya buka-bukaan menunjukkan aurat nya, tiba-tiba di bulan ramadhan ini menjadi lebih rapi dalam berpakaian. Kita doa kan saja semoga mereka (ertertainer muslimah) yang menutup aurat nya di bulan ramadhan  tahun ini, istiqomah tetap menutup aurat seterus nya ketika tampil di publik....Aamiin

Rugi rasa nya bagi saya dan kaum muslim semua nya jika tidak mereguk limpahan nikmat berkahNya di bulan penuh berkah dan pahala, bulan ramadhan.
Fastabiqol khairot, berlomba-lomba dalam kebaikan. Saya pun berusaha seperti itu, dengan mencoba manajemen waktu yang baik saya ingin juga meraih sebanyak-banyak nya nikmat ramadhan tahun ini.

Amalan ibadah utama di bulan Ramadhan, antara lain :
  • Puasa (Ash-shiyam)
    Alhamdulillah sangat beruntung sekali kita, umat muslim di Indonesia bisa merasakan puasa 12 jam sehingga tubuh kita masih mampu untuk menahan lapar dan dahaga mulai masuk waktu sholat shubuh sampai masuk waktu sholat maghrib. Sungguh ujian yang pasti nya banyak sekali pahalanya bagi kaum muslim di negara-negara Eropa Timur dan Rusia yang menjalan kan ibadah puasa nya  hampir 24 jam.
    Rasulullah SAW bersabda, "Setiap amalan anak Adam akan dilipatgandakan pahalanya, satu kebaikan akan berlipat menjadi 10 kebaikan sampai 700 kali lipat. Allah 'Azza wa Jalla  berfirman, ‘Kecuali puasa, sungguh dia bagianku dan Aku sendiri yang akan membalasnya, karena (orang yang berpuasa) dia telah meninggalkan syahwatnyadan makannya karena Aku.. Bagi orang yang berpuasa mendapat dua kegembiraan; gembira ketika berbuka puasa dan gembira ketika berjumpa Tuhannya dengan puasanya. Dan sesungguhnya bau tidak sedap mulutnya lebih wangi di sisi Allah dari pada bau minyak kesturi.” (HR. Bukhari dan Muslim, lafadz milik Muslim)
  • Taraweh/Sholat Malam (Al-qiyam)
    Qiyamul lail adalah ibadah rutin yang dilakukan Rasulullah SAW dan para sahabat-sahabat nya. Ibnu Umar Radhiyallahu 'Anhuma (Umar bin Khattab) pernah berkata, "Luar biasa Utsman bin Affan Radhiyallahu 'Anhu" .  Ibnu Abi Hatim berkata (menjelaskan), "Sesungguhnya Ibnu Umar berkata seperti itu karena banyaknya shalat malam dan membaca Al-Qur'an yang dikerjakan amirul Mukminin Utsman bin Affan Radhiyallahu 'Anhu sehingga beliau membaca Al-Qur'an dalam satu raka'at.". Sungguh luar biasa sekali apa yang dilakukan sahabat Rasulullah SAW, Ustman bin Affan ra yang membaca satu rakaat denga 30 juz Al-Qur'an. MasyaAllah.
    Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang menunaikan shalat malam di bulan Ramadan dengan keimanan dan mengharap pahala, diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (HR. Bukhari dan Muslim)
  • Shodaqoh
    Di bulan ramadhan, shodaqoh lebih utama pahala nya di sisiNya. Rasulullah SAW adalah manusia paling dermawan dan beliau lebih demawan ketika di bulan Ramadhan. Beliau menjadi lebih pemurah dengan kebaikan daripada angin yang berhembus dengan lembut. Rasulullah SAW bersabda, "Shadaqah yang paling utama adalah shadaqah pada bulan Ramadhan."
    (HR. al-Tirmidzi dari Anas)

    Dan di antara bentuk shodaqoh di bulan ramadhan adalah memberi makan berbuka puasa. Rasulullah SAW bersabda, "Siapa yang memberi berbuka orang puasa, baginya pahala seperti pahala orang berpuasa tadi tanpa dikurangi dari pahalanya sedikitpun."
    (HR. Ahmad, Nasai, dan dishahihkan al-Albani)
  • Membaca Al Qur'an dengan sungguh-sungguh
    Ramadhan di sebut juga bulan syahrul Qur'an (bulan Al Qur'an). Al Qur'an di turunkan pada bulan Ramadhan,
    “Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang didalamnya diturunkan Al-Quran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil).”
      (TQS. Al-Baqarah : 185)
    Menurut riwayat Ibnu Abbas ra. " Adalah Nabi SAW orang yang paling pemurah dalam kebaikan. Beliau akan semakin dermawan pada Ramadhan saat Jibril mendatanginya dan mengkaji Al-Qur'an dengannya. Adalah Jibril mendatanginya setiap malam dari malam-malam bulan Ramadhan dan memperdengarkan Al-Qur'an darinya. Maka pada saat ditemui Jibril itu Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam menjadi lebih pemurah dengan kebaikan daripada angin yang berhembus dengan lembut." (HR. Bukhari dan Muslim)
    Para shahabat dan ulama salaf pun tak akan meninggalkan keutamaan membaca AL Qur'an ini di bulan Ramadhan.
    Imam Nawawi rahimahullah berkata, "Adapun yang menghatamkan Al-Qur'an dalam satu raka'at, maka tidak dapat dihitung karena banyaknya. Di antara ulama terdahulu: Utsman bin 'Affan, Tamim al-Daari, Sa'id bin Jubair Radhiyallahu 'Anhu, beliau menghatamkan dalam satu raka'at di dalam Ka'bah."
    Imam al-Syafi'i rahimahullah, pada bulan Ramadhan menghatamkan Al-Qur'an sampai 60 kali dan itu di luar shalat. Imam Qatadah rahimahullah senantiasa menghatamkan setiap tujuh hari sekali. Pada bulan Ramadhan setiap tiga hari sekali. Dan pada sepuluh hari terakhir, menghatamkannya setiap malam.
    Rasulullah SAW, para shahabat dan ulama salaf tidak sekedar membaca Al-Qur'an saja, tetapi mentadaburi Al Qur'an memahami dan menngamalkan juga isi nya.
    MasyaAllah, sungguh suatu keniscayaan jika di bulan ramadhan ini dengan banyak membaca Al-Qur;an menyadarkan kita untuk segera menerapkan Islam secara kaaffah dalam semua aspek kehidupan.
  • Duduk di masjid sampai matahari terbit
    Saat ini suatu hal yang luar biasa melihat jamaah sholat shubuh lebih banyak jamaah nya di banding sholat maghrib atau Isya. Padahal Rasulullah SAW apabila shalat Shubuh beliau duduk di tempat shalatnya hinga matahari terbit (HR. Muslim).
    Rasulullah SAW, beliau bersabda,"Siapa shalat Shubuh dengan berjama'ah, lalu duduk berdzikir kepada Allah hingga matahari terbit, lalu shalat dua raka'at, maka baginya seperti pahala haji dan umrah sempurna, sempurna , sempurna" (HR. Imam al-Tirmidzi)
    Keutamaan ini berlaku setiap hari sepanjang tahun, tentu akan lebih utama jika dikerjakan pada bulan ramadhan yang penuh berkah ini.
  • I'tikaf
    merupakan ibadah yang berkumpul padanya bermacam-macam ketaatan; berupa tilawah, shalat, dzikir, doa dan lainnya. I'tikaf merupakan kegiatan menyendiri yang disyariatkan, karena seorang mu'takif (orang yang beri'tikaf) mengurung dirinya untuk taat kepada Allah dan mengingat-Nya, memutus diri dari segala kesibukan yang bisa mengganggu darinya, ia mengurung hati dan jiwanya untuk Allah dan melaksanakan apa saja yang bisa mendekatkan kepada-Nya. Maka bagi orang beri'tikaf, tidak ada yang dia inginkan kecuali Allah dan mendapat ridha-Nya. I'tikaf di utamakan  di sepuluh hari terakhir dengan tujuan untuk mendapatkan Lailatul Qadar.
  • Umrah di bulan ramadhan
    Rasulullah SAW bersabda," Umrah pada bulan Ramadhan menyerupai haji." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)
    Suatu hal tidak mungkin jika ada kaum muslim yang lapang rizkiNya untuk menjalankan ibadah ini untuk menggapai berkah di bulan ramadhan ini.
  • Menghidupkan lailatul qodar
    Lailatul Qadar berada di sepuluh hari terakhir Ramadhan, tepatnya pada malam-malam ganjilnya. Dan malam yang paling diharapkan adalah malam ke 27-nya, sebagaimana yang diriwayatkan Muslim, dari Ubai bin Ka'ab Radhiyallahu 'Anhu, "Demi Allah, sungguh aku tahu malam keberapa itu, dia itu malam yang Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam memerintahkan kami untuk shalat, yaitu malam ke-27." Dan Ubai bersumpah atas itu dengan mengatakan, "Dengan tanda dan petunjuk yang telah dikabarkan oleh Ramadhan Shallallahu 'Alaihi Wasallam kepada kami, matahari terbit di pagi harinya dengan tanpa sinar yang terik/silau."
  • Memperbanyak doa, dzikir dan istigfar
    Sudah banyak hadist meriwayatkan bahwa malam dan siang Ramadhan adalah waktu-waktu yang mulia dan utama, maka mari kita manfaat dengan memperbanyak dzikir dan doa, khususnya pada waktu-waktu yang di istijabah.
  1. Saat berbuka, karena seorang yang berpuasa saat ia berbuka memiliki doa yang tak ditolak.
  2. Sepertiga malam terkahir saat Allah turun ke langit dunia dan berfirman, "Adakah orang yang meminta, pasti aku beri. Adakah orang beristighfar, pasti Aku ampuni dia."
  3. Beristighfar di waktu sahur, seperti yang Allah firmankan, "Dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah)."
    (QS. Al-Dzaariyat: 18)
Beberapa amalan ibadah di atas memiliki kekhususan dan hubungan kuat dengan bulan Ramadhan, ibadah ini lebih utama dibandingkan dengan amalan ibadah yang sama jika dilakukan di bulan selain ramadhan.

Ramadhan dan Belanja Lebaran
Tetapi seperti lazim nya masyarakat di negeri ini, yang mempunyai habit yang khas ketika bulan ramadhan. Sepuluh hari pertama orang-orang terlihat sibuk memenuhi masjid, sepuluh hari kedua orang-orang terlihat sibuk memenuhi pasar atau mall dan sepuluh hari ketiga orang-orang terlihat sibuk memenuhi terminal/stasiun/bandara.

" Dan ternyata saya pun bagian dari orang-orang yang mempunyai habit seperti itu....:D"

Sungguh rugi sekali jika kita mengingat  banyak berkahNya menjalankan amalan ibadah  yang berlipat ganda di bulan ramdhan jika kita meninggalkan nya.
Karena belum tentu kita akan di beri nikmat umurNya, akan bertemu dengan bulan istimewa ini di tahun depan.

"Apakah kita akan meneruskan habit yang keliru itu? "
 Ahaaay, alhamdulillah saat ini banyak nya online shop bisa memberikan solusi bagi kita untuk memilih milih barang yang di butuhkan pada saat kita mudik atau lebaran nanti. Dan salah satu pilihan online shop trusted seller adalah lazada co id.

Kemacetan di depan UIN Syarif Hidayatullah, Ciputat
Gambar di ambil di sini
Keadaan jalanan ibu kota negeri ini yang sudah stag tidak bergerak karena banyak nya kendaraan di banding luas jalan yang di bangun, membuat pemandangan mobil mogok aka macet adalah hal yang biasa dan melatih kesabaran.
Saya yang saat ini tinggal di Jakarta pinggir selatan sangat tidak nyaman dengan kemacetan ibu kota negeri ini yang sudah over klimaks. Pergi keluar rumah adalah suatu hal yang memang saya perhitungkan sekali karena pasti akan menghabiskan waktu di jalan daripada menikmati tempat yang akan saya tuju. Hal ini membuat saya jarang pergi kemana-mana kecuali daerah di dekat rumah (satu kecamatan saja). Apalagi masuk  ramadhan sepuluh hari kedua, bisa saya bayang kan jalanan menuju tempat-tempat perbelanjaan akan macet karena habit masyarakat negeri ini,  menyerbu tempat-tempat perbelanjaan pasar dan mall untuk belanja kebutuhan menjelang lebaran.
Gambar di ambil di sini
 Dalam menyambut bulan ramadhan tahun ini lazada.co.id memberikan diskon hingga 85% dengan promo lazada #RamadhanFest2013

Gambar di ambil di sini
 Hampir semua kebutuhan rumah tangga di jual di online shop ini, karena lazada.co.id mempunyai lebih dari 20.000 produk dan lebih dari 5000 kategori diantaranya: Elektronik, komputer, laptop, tablet, fashion, peralatan rumah tangga, alat kesehatan dan masih banyak lagi yang lainnya. Apabila kita klik lazada.co.id tak ubah nya berjalan-jalan mengelilingi mall tanpa harus keluar rumah, hmmm efektif dan efisien ya.
Jadi kita masih bisa meng-optimal kan amalan-amalan di bulan ramadhan tahun ini, dan tetap bisa mendapatkan barang-barang yang kita butuhkan waktu mudik dan lebaran

Gambar di ambil di sini
 Untuk pembayaran barang yang kita beli di lazada.co.id sangat mudah dan aman. Lazada.co.id memberikan kemudahan transaksi dengan gratis ongkos kirim untuk area tertentu, Cash on Delivery (COD), dan garansi resmi untuk setiap produk.
Penawaran yang menarik dan adil ya buat kita sebagai customer yang ingin di perlakukan seperti raja oleh seller.

Di era digital saat ini, terobosan marketing yang dilakukan lazada.co.id keren dan mantap sekali. Customer di berikan banyak kemudahan untuk berbelanja online, tanpa meninggalkan pekerjaan nya di rumah maupun kantor.
Apalagi di bulan ramadhan saat ini, sangat rugi bagi kita (kaum muslim) jika tidak semaksimal mungkin meraih keutamaan amalan di bulan penuh berkah ini. Kita tetap bisa optimal menjalankan ibadah selama ramadhan, karena semua kebutuhan kita bisa di cari di lazada.co.id.

Gambar di ambil di sini


3 komentar:

  1. Wa, baru tau yang "Duduk di masjid sampai matahari terbit". Ada lagi sob, pahala tambahan yaitu merawat tubuh kita agar tetap fit dan sehat. Mau tau? Klik Disini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi duduk nya ada syarat nya ya bro, sambil berdzikir....:)
      Ok, sy sdh ke TeKaPe

      Hapus
    2. kalau sampek ketiduran tapi dalam posisi duuduk gmana?

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...