Minggu, 10 November 2013

(Cerita ABG) Keren Muda Bau Surga Idaman Mertua.....

Aamiin......* saya doa kan buat semua remaja aka para ABG yang tercinta*

(Kata nya) dunia remaja identik dengan coba-coba, karena di usia beranjak dewasa ini mereka yang akrab di sebut ABG Anak Baru Gede mencari, melihat dan akhir nya meniru (sampe habis-habis an) role panutan yang menjadi idola kesukaan mereka.

ABG dan kebebasan nya
Wuuuusss......
Bagaikan angin badai, itulah kebebasan yang saat ini di tawarkan oleh keadaan di sekeliling remaja untuk mereka lihat dan tiru. Bertubi-tubi beberapa minggu ini, telinga saya dan para orang tua di negeri ini di buat merah oleh ekspresi eksistensi para remaja yang sudah melanggar agama dan norma yang ada di masyarakat.
Lho kok bisaaaa.....Ya para remaja yang masih labil dalam mengambil keputusan, memang rawan untuk melakukan perilaku negatif yang bisa mereka baca dan lihat di sekeliling nya, karena peran negara yang lemah untuk melindungi mereka.
Media dan teknologi, dua alat informasi yang saat ini sangat pesat perkembangan nya mempunyai andil besar untuk bom degradasi moral perilaku remaja ABG saat ini. Media yang selalu menyajikan tayangan yang hedonis dan konsumtif tentu tidak mendidik para remaja , di tambah perkembangan teknologi salah satu nya gadged yang menawarkan aplikasi yang canggih dan gampang di donlot memudahkan para remaja ABG kita menyerap informasi yang belum waktu nya untuk di baca dan di lihat.
Sedih.....
Bagaikan wabah penyakit yang epidemi nya tidak terkendali, tawuran, narkoba dan free sex menjadi pe er yang perlu diselesaikan bersama antara orang tua, masyarakat dan negara.
Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PT2TP2A) Jawa Barat, mendapatkan temuan ada sekitar 7000 remaja putri di bawah usia 18 tahun menjadi pelacur. Dari jumlah tersebut, 28 persen di antaranya masih duduk di bangku SMP dan SMA (klik-galamedia.com, 5/9/2013). Itu baru data yang di dapat dari satu propinsi dari 34 propinsi di negeri ini, bisa di bayangkan keadaan ini  sudah darurat moral ABG.


ABG dan figur idola
Sesaat mata saya di bikin tidak berkedip dengan gerakan atraktif kreatif yang di iringi musik easy listening oleh sekumpulan remaja yang good looking. Jebreeeet, ya itulah gelombang hallyu yang semakin tinggi gelombang nya di semua negeri mulai tahun 2000-an. Fashion, drama, retail bahkan makanan negeri ginseng itu sudah di gemari oleh para ABG kita. Tiket konser K-Pop idol pun laris manis walaupun harga nya membuat kantong orang tua mereka meringis. Andai mereka tahu fakta idola mereka seperti ini, mungkin para ABG kita akan berfikir lagi mengidolakan nya.
Ironis....ya menyedihkan, kebetulan saya dulu bukan lah ABG yang mudah terpengaruh dengan produk entertainment yang bernama idol. Alhamdulillah, saya sangat bersyukur, di besarkan di keluarga yang pas-pas an, yach orang tua saya hanya bisa memberikan bekal pendidikan yang baik (menurut mereka) tanpa ada bonus fasilitas dan uang saku yang banyak.
Jaman remaja saya,  idola saat itu adalah band-band lokal yang lagu-lagu nya menghanyutkan menggelegar dan abadi, enak di dengarkan sampai saat ini....*ayooo, ngacung yang suka lagu-lagu hits tahun 1990-2000....hehehe*
Saya cukup suka, tanpa perlu mengkoleksi bahkan ikut menonton konser-konser mereka ketika tour keliling negeri ini. Saya masih ingat, teman SMA saya yang saat itu yatim piatu di asuh nenek nya yang berjualan di kantin sekolah SD, dia  merengek ke nenek nya untuk di belikan tiket konser band yang sedang promo album KIRANA di salah satu hotel mahal di kota saya (tentu tiket nya sangat mahal di kantong pelajar ). Saat tiket konser band itu ditunjukkan, waktu itu saya membayangkan bapak dan ibu  yang susah mencari uang dan saya paksa untuk membelikan sesuatu yang saya sukai.....*hiks.... mulai mbrebes mata*
Dari peristiwa itu, saya mendapatkan hikmah tambahan satu pelajaran hidup lagi.
Jadilah diri sendiri, tanpa mengorbankan perasaan orang yang menyayangi kita


Figur Idola Ideal
Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (balasan kebaikan pada) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah” (QS al-Ahzaab:21).

" Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah". (TQS. Al Ahzab : 21)
Itulah manusia yang patut menjadi idola, termasuk para ABG kita. Saya di besarkan di lingkungan Islam abangan, saya baru mengenal lebih dalam  dienNya ini setelah lulus putih abu abu dan melanjutkan lagi belajar di kota lain.  Dengan banyak membaca sirah Beliau SAW dan mendengarkan kalamNya, sedikit demi sedikit perasaan rindu dan suka pun menggunung yang bisa memunculkan perasaan sangat ingin bertemu dengan manusia pilihanNya yang mempunyai sifat penyabar dan suka memaafkan, Nabi Muhammad SAW.
Saya sangat mudah menitik kan air mata ketika membaca kisah perjalanan Rasulullah SAW dan anak angkat beliau Zaid bin Haritsah mendakwahi Kabilah Tsaqif di Thaif untuk masuk Islam.
Ketika paman Rasul, Abu Thalib dan istri beliau SAW Khadijah ra wafat, kaum kafir Quraisy yang dahulu segan mengganggu dakwah Rasulullah SAW semakin berani menghalangi dan mengintimidasi perjuangan Dakwah Beliau dan para sahabat. Rasulullah SAW dan Zaid bin Haritsah tinggal di Thaif selama sepuluh hari untuk berdakwah dan meminta perlindungan. Namun, ternyata penduduk Thaif melakukan penolakan dan memperlakukan Rasulullah dengan kasar.
Saat itu, kaum Tsaqif mengusir dan melempari Rasulullah SAW dengan batu. Zaid bin Haritsah yang  membelanya dan melindungi Rasulullah SAW tak kuasa untuk menghindari lemparan batu mereka yang melukai kepala Rasulullah SAW. Sambil terus berlari,  Akhirnya Rasulullah SAW dan Zaid bin Haritsah berlindung di kebun milik ‘Utbah bin Rabi’ah.
Saat itu, Rasulullah SAW berdoa,
“Ya, Allah kepada-Mu aku mengadukan kelemahanku kurangnya kesanggupanku, dan kerendahan diriku berhadapan dengan manusia. Wahai Dzat Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Engkaulah Pelindung bagi si lemah dan Engkau jualah pelindungku! Kepada siapa diriku hendak Engkau serahkan? Kepada orang jauh yang berwajah suram terhadapku, ataukah kepada musuh yang akan menguasai diriku?
Jika Engkau tidak murka kepadaku, maka semua itu tak kuhiraukan, karena sungguh besar nikmat yang telah Engkau limpahkan kepadaku. Aku berlindung pada sinar cahaya wajah-Mu, yang menerangi kegelapan dan mendatangkan kebajikan di dunia dan di akherat dari murka-Mu yang hendak Engkau turunkan dan mempersalahkan diriku. Engkau berkenan. Sungguh tiada daya dan kekuatan apa pun selain atas perkenan-Mu.”

Di dzolimi seperti itu, Rasulullah SAW tidak membalas perlakuan kasar kabilah Tsaqif, padahal malaikat Jibril sudah mengijinkan malaikat malaikat penjaga gunung di sekitar Thaif untuk membalas perlakuan mereka dengan membalik kan gunung ke kabilah Tsaqif.
Namun Beliau SAW tidak mengijinkan, justru mendoa kan kabilah Tsaqif yang sudah melukai Rasulullah SAW," Walau pun orang-orang ini tidak menerima ajaran Islam,aku menginginkan semoga Allah berkenan mengeluarkan dari anak keturunan mereka generasi yang menyembah Allah semata, tidak menyekutukan-Nya, dengan sesuatu pun.“(HR. Imam Bukhori dan Muslim dari Asiyah ra)

Begitulah pribadi luhur, manusia yang patut di jadikan contoh oleh kita termasuk para ABG dan anak cucu kita nanti.
Cobalah, anak-anak ku sayang membaca sirah Rasulullah SAW dengan sungguh-sungguh dan sering. Niscaya, akan kita temukan banyak hikmah dan catatan hidup yang bisa kita petik dari perjalanan Beliau SAW menyampaikan dienNya ini dari Allah SWT kepada kita umatNya.


ABG, ngaji yuuuk....
Kematian itu dekat
Jodoh, rizki dan ajal itu adalah kehendak Allah SWT. Tiga peristiwa yang di alami manusia ini tidak bisa ditebak dan di perkirakan kapan datang nya. Sebenar nya sangat mudah untuk mendekatkan diri kita denganNya, setiap manusia pasti akan mati, dan dengan mengingat mati itu kita akan ber-amal sebanyak mungkin untuk bekal nanti di akhirat kelak, ibarat sudah di beritahu besok kita akan mati, pasti nya kita seharian akan memaksimalkan perbuatan kita untuk bekal besok kita akan di panggilNya.

- Dari manakah manusia dan kehidupan ini?
- Untuk apa manusia dan kehidupan ini ada?
- Dan akan kemana manusia dan kehidupan setelah ini?


Coba anak-anak ku para ABG tercinta, memecahkan tiga pertanyaan besar manusia tadi dengan berfikir yang jernih dan menyeluruh tentang alam semesta, manusia dan kehidupan serta hubungan ketiganya dengan kehidupan sebelum dan sesudah kehidupan dunia ini. Islam telah memberi jawaban melalui proses berfikir yang jernih, menyeluruh, benar, sesuai dengan akal, menentramkan jiwa dan sesuai dengan fitrah manusia.

Silahkan, monggo kalian lihat link ini untuk kajian selanjut nya.



So, setelah kalian pahami ga phobi takut ngaji lagi kan...kalau para ABG diajak ngaji, jawab nya.....yuuuk siapa takut yaaa.


ABG, idaman mertua
Untuk menggambarkan calon menantu yang baik dan rebutan para mertua, kang Abik (Habiburahman El-Shirazy) menurut saya pakarnya. Walaupun  hanya mengoleksi satu novel kang Abik (AAC Ayat Ayat Cinta),  tetapi saya sudah melihat  beberapa novel kang Abik yang sudah di filmkan. Semua film yang skenario nya berdasarkan novel-novel kang Abik menurut saya bagus dan recommended movies dan layak ditonton para ABG kita.
Dari semua film kang Abik tersebut, bisa saya simpulkan bahwa happy ending tokoh di film tersebut proses nya tidak di awali dengan pacaran, yach sebuah tontonan yang amat sangat jarang membahas sebuah hubungan halal yang syar'i.

No Pacaran,  yach bukan jaman nya lagi pacaran itu identik dengan gaul ya anak-anak ku para ABG.
pacaran dulu baru nikah, itu zaman dulu | zaman sekarang #UdahPutusinAja dulu, pantaskan diri dengan ilmu dan amal baru nikah pacaran itu tanda belum siap nikah | kamu dijadiin kelinci lab agar dia siap | atau nunggu sampe dia siap (sampe kapan?) #UdahPutusinAja
pacaran itu perkenalan dan bikin dewasa? ah.. THEORY | pacaran bikin kenal maksiat dan beradegan dewasa, that's REALITY
pacaran nikmat sesaat pegang dan raba | sepuas dia hilang entah kemana | sementara kamu derita sakit sengsara | #UdahPutusinAja
catet nih | SEMUA yang pacaran itu belum siap nikah | #UdahPutusinAja
sendiri karena Allah, pantaskan diri agar dihampiri yang salih | jauh lebih baik dari yang pacaran, benarkan maksiat dengan ribuan dalih
nikahi WANITA itu ibarat mau beli RUMAH | serius itu ya temui PEMILIK bukan sibuk nongkrongin RUMAH | True?
"pacaran itu persiapan" | IYA persiapan PENDERITAAN
(Ust. Felix Siauw)
“Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.”
 [al-Isrâ’: 32]
Sudah cukup banyak ayat dan hadist yang membahas tentang bahaya dan dampak dari perbuatan zina ini. Saya berharap, para ABG tercinta yang membaca dampak negatif zina dan ada nya yaumul hisab, hati-hati melangkah dan seharusnya menjauhi sesuatu perbuatan yang mendekati nya, bisa kan.....pasti bisaaa.
Untuk itu selain kalian mengaji, carilah teman yang selalu mengingatkan tentang akhirat. Bukan berkumpul dengan teman yang jelas-jelas menjerumuskan ke perbuatan yang dilarang Allah SWT.

“Seseorang itu berada di atas agama temannya. Maka  hendaklah salah seorang kamu memperhatikan dengan siapa ia berteman”
(HR. Tirmidzi)
“Sesungguhnya perumpamaan teman yang baik dan yang buruk itu seperti pembawa minyak wangi dan pandai besi. Pembawa minyak wangi mungkin akan mencipratkan minyak wanginya atau engkau membelinya atau engkau hanya akan mencium harumnya. Sementara pandai besi mungkin akan membakar bajumu atau engkau akan mencium bau yang tidak sedap”
(HR. Imam Bukhari dan Muslim).
Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (balasan kebaikan pada) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah” (QS al-Ahzaab:21).
Flash back, 8 tahun yang lalu.....
Cerita ABG saya, biasa saja....karena memang saya orang biasa dan tidak neko-neko. Saya hanyalah watcher, sekeliling saya teman-teman  sebelum belajar melanjutkan sekolah ke luar kota, adalah sama dengan kondisi pergaulan remaja saat ini, walaupun tidak sedasyat saat ini di era digital. Tawuran, narkoba dan freesex sudah lazim dilakukan teman-teman. Hingga, hampir semua teman perempuan sebaya di lingkungan rumah saya saat itu menghasilkan perbuatan zina mereka dengan pasangan yang belum halal nya. Astaghfirullah.
Sampai akhir nya saya belajar ke luar kota dan mulai belajar Islam Kaaffah. Yes, Islam yang tidak hanya mengatur hubungan manusia dengan Allah saja. Tetapi juga Islam yang mengatur semua problematika hidup manusia.

No pacaran, ya saya bertemu dengan bapak dari empat amanahNya saat ini tidak dengan pacaran. Tiga bulan proses ta'aruf saya dengan bapak nya anak-anak saat ini. Alhamdulillah, pacaran setelah menikah. Itulah yang kami rasakan saat itu hingga kini.


"Hidup ini sementara, kami hanya hamba yang penuh khilaf dan sudah menerima banyak  nikmatMu Ya Allah
Bimbing dan tuntun kami selalu mengikuti aturan dienMu, selalu berjuang menegakkan dienMu
Jauhkan kami dari segala godaan duniawi yang bisa melenakan kami untuk dekat selalu denganMu
Jadikan rasa sayang kami hanya semata-mata rasa cinta dan sayang karenaMu Ya Allah"

Aamiin Yaa Robbal Alaamiin

Artikel ini turut mendukung gerakan PKK Warung Blogger




12 komentar:

  1. Terima kasih sudah turut mendukung gerakan PKK Warung Blogger

    Artikel sudah tercatat sebagai peserta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sami2....Maturnuwun event PKK nya, semoga tujuan positif yang di harapkan bisa terwujud....aamiin

      Alhamdulillah

      Hapus
  2. Semoga Program PKK Cerita ABG yang telah dicanangkan oleh Warga Warung Blogger, memberi dampak positif dan terwujudnya apa yang telah dicita-citakan, dan pastinya niat dan tindakan positif bakal mendapat balasan dari yang Maha Kuasa. Amin ya rabbal alamin...

    SaHaTaGo [Salam Hangat Tanpa Gosong] Pojok Bumi Kalibayem - Yogyakarta
    Keluyuran | Makan | Jalan-Jalan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin Yaa Robbal Alaamiin.....

      Maturnuwun kunjungan nya pak MF Abdullah....

      Hapus
    2. Kapan ya ada kelanjutan Program PKK kembali... Setelah Cerita ABG, Prediksi Jitu, kira2 Apalagi mi ?? Ada saran nggak gan?? :) Ntar kalo tebakannya tepat bakal dapat Suprise dari Ane.. hehehe :D

      *SaHaTaGo [Salam Hangat Tanpa Gosong] Pojok Bumi Kalibayem - Yogyakarta
      Si Blogger yang Doyan Nongkrong di Tempat Karaoke he :D

      Hapus
    3. Hehehe....jadi maen tebak2an ya pak MF Abdullah

      Hmm....

      Hmmmmm....

      Ahaaay, sepertinya judul PKK selanjut nya adalah OBAT KUAT (Ini hasil penerawangan saya melihat banyak nya kios2 nya di pinggir jalan)

      Hapus
  3. tulisannya keren mak...semoga para ABG membaca dan terserahkan amin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin....Maturnuwun kunjungan nya nggih mak Ida...:)

      Hehehe....tulisan2 njenengan nggih keren, dari menulis njenengan sudah keliling Indonesia....(Y)

      Hapus
  4. Keren abis bunda, kalau masih ada stok anak muda bau syurga minta satu dong buat anaku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maturnuwun kunjungan nya nggih pak...

      hehehe....monggo pak, kita sami2 menyiapkan para ABG (anak2 kita nanti) bau syurga....jadi nanti tambah banyak stok ABG bau syurga idaman para mertua....(Y)

      Hapus
  5. mantap sekali ummi ulasannya, :)
    selaku ABG, saya dapat banyak pencerahan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah....:)
      Siiiipppp dech Damae....Yeees, kamu siaaap kan jadi ABG bau syurga idaman mertua....^_^

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...