Jumat, 22 November 2013

(Sehari Tanpa Gadget) Kembali 7M

Hey,kamu....punya gadged apa saja?
Saya (#bingung)....iya saya (#TengakTengok), ehhmm  hape satu dan laptop jadul (ga bisa di bawa kemana-mana cukup di rumah saja) satu.

Cuma itu ga ada yang lain MP4, Iphone, Ipod, Tablet, PDA, atau BB ?

Ga
Ihhh, pasti dech kamu Gaptek !!!!
Lhooo.....maksud nya (kok tahu yaa, aku gaptek.....qiqiqiqi)



Begitulah HM aka hak milik property gadged saya di rumah, ada hape dan laptop. Alhamdulillah,  sehari-hari saya mempunyai dua gadged itu. Dari awal saya mempunyai hape tahun 2002, saya hanya tahu fungsi nya untuk sms dan menelpon saja tanpa saya ingin tahu aplikasi yang lain seperti games atau kamera. #AsliLugu

Kalau di luar rumah, saya lihat banyak orang asyik dengan gadged nya, saya justru asyik dengan yang ada di sekitar, apa pun bisa menjadi menarik untuk dilihat kalaupun bosan saya baru membeli makanan atau majalah untuk dibaca tidak main gadged.

Sehari tanpa gadget, bukan masalah buat saya, saat nya kembali ubek-ubek  M
#1> Momong
Empat anak kecil-kecil yang lahirnya berdekatan, pasti sangat heboh kalau semua nya lagi main dan rebutan sesuatu. #Cenut2SiraheMboke





 #2> Mbabu
Yes,  saya merasa masih belum menjadi wong ndeso tulen kalau belum bisa bekerja keras keringat mengucur deras sampai tersengal-sengal nafas. #LebaySayahKambuh,NyuwunSewu
Banyak di sekitar rumah saya di ndeso maupun rumah PIM (Pondok Indah Mertua) di ndeso juga, yang mengajarkan saya arti bekerja keras dan sungguh-sungguh, kalau seorang bapak kudu metal aka macul aka mencangkul di kebun/sawah ya betul-betul kerja memakai tenaga karena hasil kebun/sawah itulah yang akan mencukupi kebutuhan keluarga. Begitupun tugas seorang ibu, sebagai kepala pawon di tuntut cakap dan ahli memasak dalam keadaan apapun, seperti menyalakan api di pawon tungku, tanpa gas tanpa minyak, hanya modal kayu dan korek api, bisaaa. #TutupMukaMaluSamaMertua,"dereng saged kulo mak-e". qiqiqiqi.
Dan masih banyak lagi, aktivitas wong ndeso yang lain yang tidak bisa saya tulis di sini. #KasihanBosJuriNtiCapekBacanya.
Yach, begitulah aktivitas sehari-hari wong ndeso yang dijalani dengan ikhlas. Dan saya pun berusaha menjalankan tugas utama saya di rumah dengan ikhlas, mbabu sambil momong empat anak tanpa asisten selama numpang hidup di megapolitan ibukota negeri ini.Semangaaat.  #GustiAllahParingonoKuloSegerWaras



#3> Mengojek
Weekday, itulah aktivitas saya, mengantar jemput anak-anak ke dan dari sekolahnya. Kebetulan sekolah anak saya yang mbarep harus melewati jalan raya antar kota antar propinsi walaupun hanya 1 km,  sebenarnya keder saya. Bismillah, wanna be supermbok-e. Bisaaaa.
The Real Life, itulah sekolah anak mbarep saya. Untuk kelas 1 ada 5 kelas, satu kelas isinya 33 murid. Di sekolah itu, jenjang sekolah RA-TK, SD,SMP dan SMA campur dalam satu gedung. Ahaaay, ruameee banget ga kebayang macet nya apalagi ini masih di (pinggir) jakarta juga.




#4> Mengajar
Sistem pendidikan yang abu-abu di negeri ini. Begitulah yang saya rasakan, banyak pakar pendidikan sekaligus pejabat dinas pendidikan yang menyatakan anak TK tidak boleh di ajarkan calistung langsung, tetapi ketika kita melihat kurikulum diknas untuk pelajaran kelas 1 SD orangtua akan dibuat jidat mengkerut kepala cenut-cenut dengan materi bahan ajar yang TERLALU berat buat anak yang baru masuk SD.
Dan tambahan tugas saya saat ini, kebetulan anak saya belum lancar membaca, alhamdulillah sudah lumayan baik berhitung nya, harus setiap hari mengajari nya membaca, karena di semester dua, wali kelas nya sudah mewanti-wanti tidak akan membantu membacakan kalau nanti ujian.
"Masih semangat sekolah, kakak", itulah pertanyaan saya setiap hari.
"Semangaat....", sambil jalan dengan mata masih merem ke kamar mandi, karena harus berangkat sekolah pagi-pagi.
Ramee, yang no.2 Farras dan no.3 Raza ga mau kalah ingin belajar juga bersama kakak nya...:D

#5> Mengaji
Kalau setiap hari saya bisa online, kenapa ngaji qur'an tidak bisa. What's wrong???
Tutup muka di balik mukena, isin malu sama Gusti Allah. Bismillah, saya sudah bisa membiasakan diri, setiap hari saya membaca ayat dan terjemahan nya Al Qur'an, walaupun minimal hanya satu lembar.
Al Qur'an dan Terjemahan nya, yang dilengkapi dengan Asbabun Nuzul.....kadang membuat saya mBrebes mili membaca sirah Nabawiyah, perjuangan Rasulullah SAW menyampaikan kebenaran dienNya, Islam.

#6> Merajut
Ini adalah ketrampilan yang di ajarkan waktu saya kelas 3 atau 4 SD. Waktu itu saya bukanlah murid yang pandai merajut, walhasil hanya bisa bikin rantai panjang dan ikat rambut lagi lagi dan lagi. #SampekBosen
Alhamdulillah, di dekat rumah saya ada toko merajut yang menjual bahan-bahan rajutan dan mengajarkan membuat hasil rajutan free. Horraay, akhirnya saya bisa bikin selain ikat rambut. Dan, tergambar di atas kepala saya (tolong, njenengan - reader- bayangkan di atas kepala saya ada gambar) suatu hari nanti, semoga diberi nikmat umur dan rizkiNya, saya akan mengajar kan merajut ini ke sekolah-sekolah ndeso aka terpencil, sambil mendongeng sejarah peradaban Islam (yang harus di bangkitkan kembali) #Aamiin



#7> Membaca
“Bacalah! Bacalah! Bacalah! Karena kehidupan Anda 10 tahun yang akan datang akan dipengaruhi oleh buku apa yang Anda baca hari ini. Membaca berarti tumbuh dan berkembang. Berhenti membaca membuat Anda sebenarnya telah “mati” sebelum kematian itu tiba.”
(
Jamil Azzaini-Inspirator Sukses Mulia)
Duluuuu, alhamdulillah saya mempunyai teman-teman yang mempunyai bacaan-bacaan hiburan sangat baik hati mengijinkan saya (walaupun hanya membolak-balik kan) majalah/tabloid nya, tapi saya sudah senang sekali dibolehkan membaca nya karena saya tidak ada dana untuk membeli nya.
Dan alhamdulillah, bacaan-bacaan hiburan ini sengaja saya koleksi.Bismillah, semoga suatu hari nanti saya bisa membangun sebuah rumah baca yang nyaman dan banyak sekali koleksi buku nya, beberapa bacaan nya adalah majalah/tabloid ini. Seperti pengalaman saya dulu saat menjadi ibu umar bakri , di dekat sekolahan ada perpustakaan pribadi yang di buka untuk umum,  di bangun 2 lantai dengan lantai 2 untuk sholat dan membaca. Menyenangkan sekali.  #MulaiNgayalSayah

Hot News, semua berita politik di ulas mendalam dan dengan solusi cemerlang di tabloid ini.
“Tulisan ini ikutan GA keren Sehari Tanpa Gadget di blog Keajaiban Senyuman lhooooo”

10 komentar:

  1. wah ibu dengan 4anak, aku aja jagain anak ak yang umurnya 19bulan udah kewalahan :(
    salah satu wonder wife, keren...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bismillah, masih terus belajar om...
      Tolong doa kan selalu sy diberi kefahaman ilmuNya dan kesabaran mendidik empat amanahNya ini...aamiin

      Hapus
  2. Subhanalloh bgt deh ummj yang satu ini, aku follow ya blog ny biar ktularan solehah nya, ditunggu juga kunjungannya k rumah maya saya yang masih baru,masih newbie...

    http://safiar-myangel.blogspot.com/....

    BalasHapus
    Balasan
    1. .....*maluuuu* Bismillah, sy masih terus belajar mbak Ratna

      Menulis (di blog pribadi) adalah salah satu terapi diri bagi saya mensyukuri banyak nya nikmatNya....

      Siaaapp, nti saya berkunjung balik ke blog mbak Ratna..:)

      Hapus
  3. Ummiiiii.... seneng banget deh, membaca keseharian Ummi yang pastinya SERUUU abiss. InsyaAllah bisa menginspirasi emak2 lainnya. Salam kenal ya, saya salah satu member baru KEB juga :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah....:)
      Salam kenal mak mom Sidqi....sy juga baru mulai menulis dan bergabung di KEB awal tahun ini.....^_^
      Mari kita belajar bersama di KEB ya mak.....* salim n peluk*

      Hapus
  4. hihihi... sama dong, saya juga cuma punya HP dan laptop yg gak bisa dibawa kemana2 :D

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. Nggih bunda....hallo juga, Assalamu'alaikum...^_^

      Monggo mlebet bunda...:)

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...