Kamis, 04 Februari 2016

[Rihlah Ahad, 31 Januari 2016] Taman Safari Cisarua



Alhamdulillah....
Akhir pekan awal tahun ini kami sekeluarga masih diberikan banyak nikmatNya, salah satunya nikmat sehat dan masa sehingga kami -saya dan suami- bisa mengajak anak-anak rihlah melakukan perjalanan lumayan tidak jauh ke Puncak Bogor.
Dengan jarak sekitar 80 km dari rumah menuju Puncak Bogor di akhir pekan adalah sesuatu. Yach, bukan rahasia lagi jalur menuju Puncak di akhir pekan adalah jalur full kesabaran.

Bismillah....
Karena kami tahu jalur ke puncak sangat ramai di akhir pekan, kami pun berangkat lebih pagi dari rumah.
Menyiapkan empat anak mulai mandi dan sarapan membutuhkan waktu yang tidak sedikit bagi saya. Jam setengah delapan kami berangkat dari rumah. # Monggo 'ngakak' kalau keberangkatan kami ternyata kurang pagi menuju puncak :D

Rihlah terakhir saya ke taman safari sekitar tahun 2008, saat itu saya baru mempunyai dua anak yang semua nya masih balita. Dan ketika mereka sudah masuk SD, mereka pun menanyakan seperti apa taman safari itu. Awalnya memang mereka tahu dari televisi, beberapa program travelling menyajikan acara jalan-jalan dimana hewan bisa jalan-jalan bebas dan para pengunjung berada di kendaraan.
" Seperti itu....ada nya di Jawa Timur, Ma ", cerita no 2 saya sambil menunjuk program jalan-jalan di televisi.
" Nggak Farras....dekat sini juga ada, ke Jawa Timur kita kejauhan....", jawab saya
" Ada yaaa....mauuuu ke sana", jawab Farras
" Ada...tapi kita nabung dulu yaaa", pesan saya.

Dari informasi yang saya dapatkan harga tiket masuk taman safari sekarang hampir dua kali lipat di banding terakhir saya dan keluarga ke taman safari tahun 2008 yang lalu. Dengan membawa empat anak di tambah saya dan suami bisa di hitung habis berapa (hanya) untuk tiket ke taman safari ini . #Nabung dulu yuuuk ^_^

HTM untuk wisatawan domestik 
          dewasa           : IDR 150.000
          anak-anak      : IDR 140.000
Jam buka week day : Jam 09.00
               week end  : Jam 08.30


HTM di atas belum termasuk tiket untuk mobil atau motor. Dan sudah termasuk tiket wahana terusan untuk 15 permainan dan 9 pertunjukan.

Setelah membayar tiket masuk, pertunjukan pun di mulai. Anak-anak pastilah suka, termasuk anak-anak saya yang gumun senang puool melihat binatang-binatang yang sebelum nya terbatas jumlahnya di kebun binatang dan sekarang bisa melihat jumlahnya lebih banyak sedang berjalan-jalan. Dengan melihat buku petunjuk  anak-anak membaca sambil membuktikan apakah benar posisi mereka saat ini sesuai dengan buku petunjuk taman safari tersebut.




Alhamdulillah....
Puas melihat binatang-binatang yang di biarkan berkeliaran mencari makan, kami menuju ke wahana terusan. Sebelum anak-anak penasaran ingin melihat pertunjukan atraksi hewan dan bermain di wahana terusan, kami lapor dulu ke Ya Syakur Jalla Jalaaluhu, Allah Yang Maha Mensyukuri di masjid yang posisi nya (paling atas) dekat dengan caravan dan penginapan di dalam taman safari.


Masjid di taman safari Cisarua


















Saran 
  • Bagi teman-teman yang ingin rihlah jalan-jalan ke taman safari hendaknya datang lebih awal. Kami tiba di pintu tol Ciawi  sekitar jam 9 an dan sudah terjadi penumpukan kendaraan yang mau menuju ke puncak. Karena taman safari jam 08.30 sudah di buka di akhir pekan, maka usahakan sampai di pintu tol Ciawi jam 7 an.
  • HTM taman safari (bagi saya) lumayan dalam di kantong. Jadi manfaatkan fasilitas tak berbayar selama berada di wahana permainan dan pertunjukan. Pengalaman kami kemarin setelah sholat dhuhur kami belum melihat satu pun pertunjukan karena waktu yang tidak ada. Waktu kami habis untuk mencoba semua wahana permainan yang ada di wahana terusan. Saat kami ke taman safari kemarin  ada beberapa, sekitar 4 -5 wahana permainan sedang dalam kondisi di perbaiki.
  • Bawa bekal makanan dan minuman yang cukup. Jika merasa ingin pergi ke toilet, manajemen taman safari sudah menyiapkan banyak toilet. Dan siapkan juga uang karena ada kotak di pintu masuk toilet, walaupun tarifnya terserah tetapi di toilet tersebut selalu ada  penjaga nya. # hehehe
  • Usahakan keluar dari taman safari sebelum ashar. Karena pengalaman kami keluar dari taman safari setelah sholat ashar dahulu sekitar jam 4 an, ternyata sudah bertemu banyak mobil (baca. macet) di jalan raya utama puncak.
Monggo, nabung dulu karena HTM taman safari (bagi saya) lumayan dalam di kantong. Itu (menabung) yang saya sampaikan ke anak-anak. Jika ingin kembali ke taman safari, anak-anak harus nabung dulu. Alhamdulillah, akhir rihlah ahad ke taman safari anak-anak senang dan puas. Semoga teman-teman yang ingin ke taman safari nanti juga merasakan hal yang sama.
Menurut saya, HTM  yang di patok sudah sesuai dengan apa yang kita dapatkan selama berada di taman safari Cisarua.


4 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...